Tuesday 28 April 2009

upside down

seumur hidup gue, gue hampir selalu mendapatkan apa yang gue mau. entah kenapa bisa begitu, gue juga gak tau. yaaaaa bukan berarti gue pengen private car atau macbook air terus tau-tau dikasih .. tapi apa yang gue dapet, selalu merupakan hal yang esensial, yang betul-betul gue perlukan dan gue inginkan. hampir selalu begitu. sejak dulu.

pas gue mau masuk SMP, nyokap nyuruh gue masuk SMP Sanur. masalah yang gue sadari saat itu, adalah masuk SMP Sanur tuh nggak gampang. Perbandingannya sekitar 1:5. pas tes-nya pun gue santai-santai aja, nggak kayak temen2 gue yang sibuk belajar sana-sini, atau bahkan sampe datengin psikolog buat konsultasi persiapan psikotes (yang emang salah satu requirements-nya). gue santai banget, dan pas tes masuknya pun, gue gak gitu bisa ngerjain. disini, miracle happens. gue diterima, gatau gimana bisa. sampe sempat kepikiran, dulu itu sebenernya yang lolos tes masuk sanur itu cuman diambil random aja, soalnya temen-ytemen gue yang jauh lebih pinter dari gue bisa-bisanya gak keterima. tapi setelah gue masuk sanur, gue tau kalo semua hasil tes itu ngaruh, dan dijadikan bahan pertimbangan. gue cuma bisa 'uwaw' aja waktu itu. gue mendapatkan apa yang gue inginkan.

kejadian kayak gini pun kejadian juga pas mau masuk sma sanur.sebenernya, gue gak pengen masuk sma sanur lagi. 3 taun bareng temen2 yang semuanya cewe, bikin gue bosen, meskipun gue sangat mengakui kalo masa-masa smp gue itu seru banget. tapi disini, nyokap gue kepengen gue masuk sanur. jadilah gue daftar disana. kembali lagi, gue sangat santai. pas tes masuknya, gue gak belajar samasekali. lebih paranhya, ternyata tes pelajarannya itu terbilang cukup susah. dari 20an soal mat, ga ada satupun yang berhasil gue jawab kelar. tapi gue santai aja, gak terlalu peduli, meskipun gue tau, gue sangat perlu sekolah buat ngelanjutin pendidikan gue.
sekali lagi, gue mendapatkan apa yang gue mau. entah gimana, gue diterima di sanur. jujur aja, gue sangat-sangat-sangat kaget.

selain kedua peristiwa yang gue bilang diatas, ada lagi beberapa cerita terkabulnya hal yang gue mau. semakin gue berkembang, gue semakin sadar, bahwa gue sangat diberkati dengan semua kejadian yang gue alami dalam hidup. hampir gue enggak pernah merasa kecewa sama apa yang gue dapet, dan bisa gue bilang, gue enggak pernah mengalami kegagalan yang gimana banget gitu.truly blessed.
tapi gue sadar, kalo seharusnya hidup itu tidak semudah ini. gak mungkin gue berada diatas kayak gini terus-terusan. pasti ada up, and down (yang belum pernah gue alami secara 'dalem' banget gitu). semakin gue sadar akan hal itu, gue menjadi takut.
semakin takut.
takut, kalau akan mulai masa-masa dimana gue mengalami kegagalan yang bertubi-tubi. takut, kalo gue akan kehilangan apa yang gue harap akan gue dapatkan. takut berada dibawah.
gue takut.

ketakutan ini, mulai gue rasakan ketika awal gue kelas 3 sma. ketika nilai gue merosot jauh,gue gagal ketika apply pmdk sebuah univ, dan gue hampir gak punya waktu buat ngapa-ngapain selain sekolah, rapat osis, sama bimbel.
dan saat itu, gue merasa, masa-masa 'down' gue itu mencapai puncaknya ketika gue mengikuti tes masuk salah satu ptn. bayangkan aja, gue udah usaha gila-gilaan, ikut bimbel dari awal tahun ajaran, merelakan semua free-time gue buat mempersiapkan diri untuk menghadapi tes tersebut pada bulan maret kemaren. selain itu, gue juga udah mempersiapkan mental gue, kalo ternyata nantinya gue gak lolos di tes masuk tersebut. gue sudah memantapkan diri, kalau gue SANGAT SIAP menerima apapun hasil tes tersebut nanti, kalau-kalau gue ternyata belum beruntung, dan tidak bisa masuk univ tersebuat melalui jalur tes yang ini. karena memang, tes untuk masuk ptn juga ada faktor luck yang cukup menentukan. kalau kata seorang teman, sepinter apapun lo, sebagus apapun passing grade lo, kalo lo memang belom beruntung, ya lo gak akan lolos (gak beruntung disini maksudnya, kaya kertas jawaban kelipet, masalah2 teknis dsb deh).
gue betul-betul siap menerima hasilnya. namun sayangnya, ada satu hal yang missed. gue memang siap menerima apapun hasilnya, namun gue sangat tidak siap ketika menyadari bahwa gue tidak bisa mngerjakan tes masuknya.

mungkin gue memang udah terlena gitu aja sama hasil tryout yang cukup bagus, dsb, dsb. gue sangat gak nyantai, ketika ternyata soal yang gue dapet itu sedemikian susahnya, dan bahkan gue sempet menganggap kalo gue ikut bimbel selama sekian bulan itu percuma aja, karena gue bener bener gak berkutik sama soal kemampuan ips di tes masuk univ tersebut.
ketika itu, gue bener-bener mikir bahwa inilah masa-masa gue yang terbawah. dimana gue baru pertamakali ngalamin sesuatu yang disebut kegagalan.

tapi ternyata, gue salah.
mungkin ketika tes, gue bener-bener down. tapi ternyata hasilnya sangat diluar dugaan gue. gatau gimana, gue berhasil lolos di jurusan yang gue mau. gue betul-betul sangat bersyukur. gue sadar kalo ternyata Tuhan masih sayang gue, masih senantiasa memberikan apa yang benar-benar menjadi kebutuhan gue. meskipun mungkin gue bukan orang katolik yang baik, yang masih sering males gereja, sering lupa doa... tapi Tuhan tetap memberikan apa yang gue butuhkan. im truly blessed.


moving on dari keberhasilan gue yang mengagetkan mata-hati-telinga itu, gue kembali sadar dan takut. sadar, kalo ternyata gue masih belum merasakan masa-masa down dan kegagalan yang sebenarnya. gue takut, kalau-kalau gue mengalami masa-masa itu (kegagalan) justru di bagian yang paling penting dari 3 tahun masa sma gue. yaitu sekarang, ketika gue lagi melewati ujian2 yang menentukan, apakah gue akan lulus atau tidak, dan apakah bangku di univ yang sudah gue dapet benar-benar akan gue duduki?gue harap begitu.

gue merasa, gue sangat tidak maksimal. ujian praktek gue berjalan biasa aja, bukan sesuatu yang bakal 'wow' banget di sttb gue nantinya. ketika ujian nasional pun, gue terbilang santai.
dan sekarang gue harus menghadapi konsekuensi dari kemalasan gue tersebut.
satu hal yang pasti, gue dapet nilai super jelek di uan ekonomi.

i feel sooooo damn stupid.

gue merasa nyesel, karena gak serius ketika un kemaren.

sekarang gue harus menerima hasilnya.

sttb gue gak akan sebagus sttb smp. akan sangat jauh dibawah itu.



sekarang gue cuma bisa berdoa.. supaya hasil un pelajaran yang lain cukup baik dan gue bisa lulus dengan cukup baik juga..




... dan apakah ini memang masa-masa gue berada dibawah roda?
kalau memang iya, gue harap gue cukup kuat bertahan sampai gue bisa naik lagi..

:)

No comments: